26 Mei

Servvo

SERVVO Alat Pemadam Api Terbaik dan Alat Pemadam Api Ringan

Alat pemadam api terbaik selalu menjadi topik yang diperdebatkan dalam memilih APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sebelum kita dapat menentukan mana alat pemadam api terbaik, kita perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai apa saja yang menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Pada dasarnya, alat pemadam api dibagi berdasarkan jenis media, dan berdasarkan cara kerja alat. Sebagian besar masyarakat kita banyak sekali yang belum mendapatkan pengetahuan mengenai perihal ini, walaupun sebenarnya hal ini teramat penting untuk diketahui oleh berbagai lapisan masyarakat. Maka dari itu mari kita bahas lebih dalam mengenai pembagian tersebut.

Pembagian berdasarkan jenis media untuk tabung APAR, dibagi berdasarkan jenis Powder (bubuk), CO2 (gas), Foam (busa cair), dan Clean Agent (gas).

Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa api dalam hal kebakaran, dibagi berdasarkan kelas. Kelas ini bukanlah menentukan besarnya api, melainkan menjelaskan sumber dan bahan bakar api tersebut. Seperti kita ketahui, api membutuhkan 3 elemen dasar untuk dapat menyala, yaitu Bahan Bakar, panas, udara. Berdasarkan bahan bakar api tersebut, cara pemadaman dan media pemadaman juga akan berbeda. Pembagian tersebut adalah api kelas A, B, C dan D.

Api kelas A  berbahan bakar benda padat seperti kertas, kayu, kain dll. Kelas B mempunyai sifat bahan bakar cair, contohnya bensin, thinner, minyak, dll. Kelas C adalah api yg dihasilkan dari listrik, antara lain akibat konsleting. Dan yang terakhir adalah kelas D dimana api berasal dari logam yang terbakar. Untuk kelas D sangat diperlukan media pemadam api yang sangat khusus karna sifat dan suhu yg sangat berbeda dibandingkan kelas A, B dan C.

Alat pemadam yang mengandung bubuk (powder) biasanya dapat memadamkan api kelas A,B dan C. Pemadam ini biasanya disebut dengan sebutan Multipurpose Powder Fire Extinguisher (alat pemadam dengan bubuk serba guna). Alat pemadam ini dipandang sebagai salah satu yg paling efektif dalam pemakaian di tempat umum, maupun pribadi karna tidak perlu repot dalam membedakan kelas api, sanggup memadamkan hampir semua jenis api. Namun karna medianya berupa bubuk, maka biasanya sesudah proses pemadaman, maka akan tersisa bubuk yang mungkin akan sedikit menggganggu.

Alat pemadam dengan Media Foam (busa cair) digunakan untuk memadamkan api berbahan bakar cair. Misalkan kebakaran di tempat yg banyak terdapat bensin thinner dll. Lapisan busa akan menutupi genangan bahan bakar cari sehingga api tidak dapat menyala di permukaan cair tersebut. Namun secara keseluruhan, pemadam dengan media foam dapat dipakai untuk api kelas A dan B.

Alat pemadam dengan media Co2 (gas) dapat digunakan untuk memadamkan api kelas B dan C, yaitu api berbahan bakar cair seperti bensin, thinner dll, serta kelistrikan akibat konslet. Pemadam ini tidak menimbulkan bekas kotor seperti layaknya powder maupun foam, namun perlu diperhatikan bahwa pemadam jenis ini tidak cocok untuk memadamkan media padat seperti kayu, atau yg lainnya. Karna pada kasus api berbahan bakar benda padat, maka biasanya, benda2 padat dapat menyimpan panas yang tinggi di lapisan dalam benda tersebut. Misalkan api dari sebuah kayu sudah dipadamkan, yang padam kemungkinan baru lapisan paling luarnya saja, sementara lapisan bagian dalam dari kayu masih menyimpan bara panas, dan apabila bersinggungan dengan udara, akan kembali menyala. Peristiwa ini dikenal dengan sebutan Backflash.

Alat pemadam dengan media clean agent (media gas bersih) serupa dengan pemadam powder, dapat memadamkan api kelas A,B,C, dan mempunyai keunggulan tidak menimbulkan sisa residu apapun, sehingga amat bersih dan dapat digunakan pada peralatan elektronik yang sensitif seperti server, komputer, rumah sakit, laboratorium, dll, tanpa menimbulkan kerusakan pada piranti2 elektronik sensitif tersebut. Namun penggunaan clean agent ini haruslah bersifat indoor karna karakteristik nya yang berupa gas.

Melalui penjelasan diatas, mungkin kita dapat memahami bahwa sebenarnya sangatlah sulit untuk memilih mana produk terbaik, karna pemilihan suatu produk harus disesuaikan dengan lingkungan tempat anda berada. Selama pilihan produk anda tepat sasaran dan mempunyai standarisasi yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan kualitasnya, maka segala bentuk kecelakaan yang berkaitan dengan kebakaran dapat di minimalisir.

Produk tabung pemadam milik Servvo memiliki standard tinggi dan menggunakan media-media yang telah mendapatkan sertifikasi dari lembaga sah, baik negara, maupun di tingkat internasional. Antara lain multipurpose powder untuk memadamkan api kelas A,B,C yg mempunyai komposisi 90% Mono ammonium phospat berstandard international UL, maupun media clean agent NAV P IV yang telah memiliki standard EPA (Environmental Protection Agency) dan terdaftar pada SNAP list. Semua produk servvo telah lulus uji PMK dan Depnaker dengan nilai-nilai yang sangat memuaskan dan diproduksi dengan pengawasan mutu yang ketat berstandard ISO 9001:2008 WQA UKAS, sehingga dapat menjamin apapun pilihan jenis produk Servvo yang sesuai dengan kondisi lingkungan anda, kualitas dan kemampuan alat pemadam yang anda dapatkan akan sangat optimal. 

 

ABOUT AUTHOR

mad_car_anglia_hotrod-555px.png

PT. SERVVO FIRE INDONESIA has been established since year 2001 with the objective to serveFIRE FIGHTING EQUIPMENT of Oil & Gas Companies, Mining, Manufacturing Industries, BuildingIndustrial and Commercial Market.