26 Mei

Servvo

Alat Pemadam Kebakaran Terbaik

Alat pemadam kebakaran terbaik merupakan hal  yang seringkali menjadi perdebatan dalam lingkup keamanan khususnya dalam hal pencegahan bahaya kebakaran.  Bagaimanakah cara membedakan mana pemadam yang terbaik dan mana yang kurang baik?

Alat pemadam yang baik haruslah mempunyai standarisasi yang jelas, antara lain melalui standard PMK (Pemadam Kebakaran), Depnaker (Departemen Tenaga Kerja), maupun organisasi standard kualitas lainnya seperti UL (Underwriters Laboratories). Standarisasi dari organisasi seperti inilah yang dapat menjamin kualitas dari alat pemadam kebakaran yang mungkin tengah anda pertimbangkan, seperti kualitas atau kekuatan tabung, maupun kemampuan media pemadam tersebut dalam memadamkan kebakaran.

Sebagai contoh, sertifikasi melalui Laboratorium PMK akan menentukan apakah tabung pemadam tersebut memenuhi syarat serta layak pakai. Hasil test ini berlaku selama kurun waktu 3 tahun sejak sertifikat tersebut diterbitkan, dan harus diuji kembali setelah masa berlakunya habis. Hasil test pada Laboratorium PMK ini juga akan menerbitkan angka FIRE RATING dan kelas api untuk alat pemadam melalui hasil test yang dilakukan. Angka Fire rating akan menjabarkan secara terinci tentang kemampuan sebuah tabung dalam memadamkan api. Misalkan dalam data sheet pemadam terdapat angka Fire rating yang sudah dikeluarkan oleh PMK berupa 2A.10B untuk tabung 1Kg. Dalam hal ini satuan angka 2A berarti bahwa  alat pemadam api dengan berat 1Kg tersebut mampu memadamkan api dengan komposisi 64 potong kayu dan 2 liter bahan bakar minyak yg disusun sedemikian rupa dan dibakar sampai dengan titik terpanasnya. Satuan angka 10B menandakan bahwa  alat pemadam api dengan berat 1Kg tersebut mampu memadamkan api dengan media bahan bakar minyak sebanyak 60 liter, 1B setara dengan 6 liter bahan bakar cair. Dalam test ini personel  yang memadamkan simulasi kebakaran merupakan personel pemadam kebakaran dari PMK. Selain angka Fire rating juga akan diketahui data-data lain seperti waktu semprot, berapa banyak bahan media yg benar-benar tersemprot keluar dalam 1 kali pemakaian (bukan hanya gas), serta waktu pemadaman yang diperlukan.

Sedangkan sertifikasi melalui Depnaker mengarah kepada hal mengenai bejana bertekanan, serta hal-hal teknis yang ada pada alat pemadam api tersebut, dimana dalam sertifikasi tersebut akan dijelaskan secara terperinci mengenai kualitas daya tahan tabung terhadap tekanan. Misalkan berapa tekanan normal dalam tabung, serta berapa kemampuan maximal tabung tersebut untuk diisi oleh tekanan, alat-alat keamanan apa sajakah yang telah dimiliki oleh tabung pemadam tersebut serta pengujian terhadap alat keamanan tersebut, kapan bekerja, dan bagaimana bekerjanya. Semua pengujian ini penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tabung mengalami tekanan berlebih yang dapat mengakibatkan ledakan, kebocoran melalui kualitas las yang kurang baik, material tabung yang buruk, alat keamanan tabung yang tidak berkerja untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dll. Sertifikasi yang diterbitkan oleh Depnaker ini berlaku dengan jangka waktu 5 tahun, serta harus diperbaharui juga setelah masa berlakunya habis melalui test ulang semua jenis tabung (berdasarkan produk, dalam hal ini ukuran  tabung).

Produk tabung pemadam api yang baik, haruslah lulus sertifikasi Depnaker dan PMK, serta jelas data-datanya. Pilihlah tabung  yang Seamless (tanpa sambungan las). Karena tabung seamless seperti pada produk Servvo telah diuji tahan dengan tekanan yang sangat tinggi, sedangkan pada tabung dengan sistem las, biasanya kelemahan dari tabung akan datang dari sambungan las tersebut. Mulai dari karat, hingga kebocoran. Untuk tabung seamless milik Servvo sendiri telah diuji pada tekanan 100 bar belum pecah. Dan untuk keamanan penggunanya, tabung Servvo juga diperlengkapi dengan safety valve yang akan membuka pada tekanan 21 bar. Tabung Servvo tidak menggunakan cat, melainkan menggunakan powder coating, sehingga tahan terhadap sengatan panas matahari dan UV, serta lebih tahan gores dan warna tidak mudah pudar. Produksi tabung milik servvo telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 WQA UKAS untuk menjaga kualitas yang tinggi dan seragam, serta telah mendapatkan sertifikasi melalui badan-badan legal seperti Depnaker dan PMK dengan hasil yang sangat memuaskan. Media yang digunakan pada produk Servvo khususnya media powder mempunyai kandungan 90% Mono Ammonium Phosphate yang merupakan zat pemadam api yang memiliki daya padam tertinggi, dan terdaftar di badan UL (UL Listed), bahkan setiap tabung dilenglapi dengan serial number yang akan dicantumkan dalam Certificate of Origin sebagai jaminan keaslian produk. Selain itu, Servvo tidak menggunakan stiker, melainkan teknologi screen printing untuk mengurangi resiko pemalsuan.

Melalui artikel ini, diharapkan pembaca dapat mengerti bahwa memilih alat pemadam kebakaran terbaik tidaklah semata-mata dapat dipilih berdasarkan kata-kata penjual saja, segala klaim mengenai keunggulan kualitas, kehebatan alat pemadam, harus dapat dibuktikan dengan benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Kita perlu tahu bahwa standard keamanan tidaklah sembarangan, semua mempunyai standard yang jelas dan ketat.  Dalam hal inilah peran sebuah alat pemadam kebakaran yang baik, dapat bekerja tanpa hambatan, memadamkan api  secara cepat dan aman sangat penting.

ABOUT AUTHOR

mad_car_anglia_hotrod-555px.png

PT. SERVVO FIRE INDONESIA has been established since year 2001 with the objective to serveFIRE FIGHTING EQUIPMENT of Oil & Gas Companies, Mining, Manufacturing Industries, BuildingIndustrial and Commercial Market.